Maribaya-Pemerintah Desa bersama Karangtaruna Desa Maribaya melaksankan Donor Darah pada Minggu (19/07) pagi bertempat di Balai Desa Maribaya. Kegiatan ini berkerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Purbalingga. Panitia pelaksana mengirimkan surat undangan untuk para pendonor tetap, namun tidak menutup kemungkinan untuk para pendonor baru untuk ikut berpartisipasi.

Kegiatan ini di ikuti oleh 33 warga dari berbagai usia, dengan rincian 27 warga yang mampu donor dan 6 warga belum berhasil donor karena belum sesuai dengan kriteria. Kegiatan donor darah ini rutin di lakukan oleh Pemerintah Desa Maribaya. Kegiatan ini dilakukan dengan protokol kesehatan, yaitu sebelum warga masuk Balai Desa dianjurkan untuk mencuci tangan, kemudian dilakukan cek suhu, serta warga wajib menggunakan masker selama berada di area balai desa.

Bagi masyarakat umum donor darah masih terbilang asing dan menakutkan, namun ternyata donor darah memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan badan. Salah satu manfaat dari donor darah adalah membantu saudara kita yang membutuhkan darah untuk keperluan medis. Kebutuhan darah untuk keperluan medis terbilang tinggi, sehingga stok darah yang tersedia juga harus terjaga.
Secara keseluruhan kegiatan donor darah berlangsung dengan lancar. Harapan untuk kegitan donor darah selanjutnya dapat berjalan lancar juga dan mampu meningkatkan antusias masyarakat desa.