Maribaya-Kas Opname adalah kegiatan pemeriksaan fisik pada uang kas tunai antara saldo yang terdapat pada Catatan Akuntansi dengan Uang Kas yang ada saat ini (cash on hand). Pada hari Kamis (08/08) dilaksanakan Kas Opname di Balai Desa Maribaya. Pelaksanaan Kas Opname ini dihadiri oleh petugas dari Kantor Kecamatan Karanganyar sebagai pemeriksa, Perangkat Desa Maribaya sebagai pihak yang akan diperiksa, serta Pendamping Desa Maribaya. Menurut salah satu perwakilan dari Kantor Kecamatan Karanganyar, Taufik, seharusnya kegiatan Kas Opname ini dilaksanakan 4 (empat) kali dalam setahun. Namun, dalam pelaksanaannya kegiatan Kas Opname ini dilaksanakan hanya 2 (dua) kali dalam setahun karena satu dan lain hal.

Inti pelaksanaan pemeriksaan meliputi pemeriksaan buku-buku yang ada di Pemerintah Desa Maribaya. “Ada 4 (empat) bidang administrasi yang kan diperiksa oleh kami, yaitu administrasi umum, administrasi keuangan, administrasi pemerintahan, dan administrasi pembangunan”, Penjelasan dari Taufik.

Pemeriksaan mulai dilaksanakan oleh petugas dari Kantor Kecamatan Karanganyar yang hadir di Balai Desa Karanganyar. Pemeriksaan administrasi dilakukan oleh Taufik, Rohman dan Ali selaku pemeriksa pada hari ini. Kepala Desa dan Perangkat Desa menerima dengan baik hasil pemeriksaan dan evaluasi yang diberikan kepada administrasi Desa Maribaya.